DKI Usul Kenaikan Tarif Parkir Gedung

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengusulkan kenaikan tarif parkir di gedung perkantoran dan pertokoan (offstreet). Dia ingin adanya penyesuaian tarif secara terintegrasi antara parkir di dalam dan luar gedung.

Hal itu menindaklanjuti usulan Dewan Transportasi Jakarta agar tarif parkir onstreet dinaikkan menjadi Rp 4 ribu per dua jam per kendaraan. "Jadi yang dinaikkan jangan hanya tarif parkir di tepi jalan (onstreet)," ujarnya di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat 31 Oktober 2008.

Kenaikan tarif parkir gedung dilakukan untuk menstimulus pengelola gedung agar menyediakan lahan parkir lebih luas. Sebab selama ini banyak pengelola gedung yang enggan menyediakan parkir luas karena tidak dianggap tidak terlalu menguntungkan untuk bisnis.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Parkir DKI Saudur Simatupang menambahkan, penerimaan dana parkir offstreet di Jakarta selama setahun mencapai Rp 99 miliar.

Meski demikian, Fauzi menghendaki tarif parkir onstreet lebih mahal dari tarif offstreet. Dia mencontoh kebijakan Singapura yang menerapkan tarif mahal di jalan-jalan utama seperti Orchad Road. "Di sana bisa Rp 49 ribu sekali parkir. Kalau di sini paling cuma seceng (Rp 1.000) noceng (Rp 2.000)," ujarnya.

Penyesuaian tarif secara terintegrasi antara parkir offstreet dan onstreet juga dilakukan untuk mengefektifkan upaya pengurangan jumlah kendaraan di Jakarta. Nilai tarif parkir pun akan diberlakukan sesuai zona parkir. Kawasan bisnis seperti Segitiga Emas, Sudirman dan Thamrin tentu direkomendasikan lebih mahal.

Jadi Tersangka, Eks Kepala Rutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan
Empat Tentara Israel Terluka Akibat Bom Hizbullah di Lebanon

4 Tentara Israel Terluka Akibat Bom Hizbullah di Lebanon

Empat tentara Israel terluka di Lebanon, satu diantaranya dalam kondisi serius setelah terkena bom yang ditanam oleh Hizbullah sebagaimana yang dilansir oleh The Guardian

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024