Michelle Aksi Bareng 1000 Anak Vietnam

VIVAnews - Bintang Hollywood, Michelle Yeoh bergabung dengan lebih dari 1000 anak Vietnam. Michelle ikut dalam deretan aksi long march demi mempromosikan pemakaian helm. Hal itu untuk mengurangi tingkat kematian akibat kecelakaan di jalan raya.

Pemerintah komunis Vietnam memaksa penggunaan helm bagi orang dewasa selama setahun dalam aturan negara tentang kendaraan roda dua. Sayangnya, hukum tersebut tidak mengikutsertakan pengendara anak kecil dan anak muda sebagai penumpang.

Yeoh berperan di film Bond, 'Tomorrow Never Dies', dan 'Crouching Tiger Hidden Dragon" bergabung dengan barisan sepanjang Ho Chi Minh City. Kampanye tersebut diadakan oleh Asia Injury Prevention (AIP) Foundation. 

"Ketika hukum dibuat sejak tahun kemarin, 80-90 persen pengendara yang kemalaman mulai mengenakan helm," papar Yeoh kepada AFP, Jumat 31 Oktober 2008. "Tapi anak-anak malah mengenakan topi baseball. Orang tua seharusnya melindungi anak mereka."

"Sayangnya, banyak orang tua menolak pemakaian helm bagi anak mereka, di luar anggapan bahwa helm tidak aman untuk anak mereka," jelasnya lagi.

Aksi Long March sepanjang kota Vietnam yang sibuk ini adalah bagian dari kampanye global. Kampanye itu bertujuan untuk menghentikan angka kematian di jalan raya sebesar 1.3 Juta orang  setiap tahunnya di dunia.

"Hari ini, besok, dan setiap hari, kita akan melihat setidaknya 2.000 anak-anak tewas atau menderita luka serius di jalan raya di dunia," ujar artis kelahiran Malaysia itu.

"Hal ini tidak dapat diterima, hal ini dapat dicegah, dan kita harus menghentikan ini. Kita punya vaksin untuk penyakit ini: helm, sabuk pengaman, patuh pada batas kecepatan di jalan raya, design kendaraan yang aman. Kita hanya perlu menggunakan itu," katanya.

Setidaknya, 12.000 pengendara meninggal di jalan raya Vietnam setiap tahunnya. Rata-rata kematian di jalan raya Asia, 27 orang tewas berbanding 100.000. Sementara, di Eropa Barat hanya sekitar 10 orang tewas berbanding 100.000 orang.

Yeoh dilahirkan dari keluarga keturunan etnis China di Ipoh, Malaysia pada 6 Agustus 1962. Pada 1983, pada usia 21 tahun, Yeoh memenangkan Kontes Kecantikan Miss Malaysia. Dia juga merupakan perwakilan pada Miss World, 1983 di London. Berawal dari berbagai kontes kecantikan itu, Yeoh memulai karir di televisi komersial dengan Jackie Chan. Dari situ, ia menarik perhatian rumah produksi, D&B Films.

Yeoh memulai karir beraktingnya di film laga dan seni bela diri seperti 'The Heroic Trio pada 1993, Tai Chi Master pada 1994. Seperti kebanyakan bintang Hong Kong lainnya, Yeoh menjajal Hollywood. Ia bermain dalam James Bond di 'Tomorrow Never Dies' (1997). Pada 2005, Yeoh memerankan Memeha dalam film adaptasi 'Memoirs of a Geisha'.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit
Ilustrasi tambal ban mobil.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Jabodetabek.terkini pada Sabtu, 20 April 2024, terdapat sebuah video memperlihatkan mobil Toyota Avanza kehilangan ban.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024