Cukup Isi Ulang, Anda Bebas Akses Jalan Tol

VIVAnews - Awal 2009 mendatang, bagi Anda pengguna jalan tol tidak perlu membayar dengan uang tunai. Anda cukup menggesek kartu tol keluaran Jasa Marga  dan Bank Mandiri.

Menurut Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk Adityawarman, kartu perdana akan berikan secara gartis dan berlaku untuk selamanya.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Tetapi, apabila hilang kartu yang setiap unitnya berharga US$ 4 ini harus menjadi tanggungan pelanggan. "Teknologi kartu cukup tinggi yang berasal dari Bandung," ujarnya kepada VIVAnews, Jumat kemarin, 31 Oktober 2008.

Setiap kartu elektronik akan berisi nominal yang nilainya masih dalam perhitungan. "Nilai minimalnya Rp 100.000," ujarnya.

Adit mengatakan, kartu prabayar ini akan berfungsi sebagai alat pembayaran dan dapat menggunakan semua fasilitas Bank Mandiri seperti pengisian ulang lewat ATM, sms banking hingga lewat internet.
 
Untuk mendapatkan kartu ini, Anda bisa mendatangi seluruh outlet Bank Mandiri yang jumlahnya mencapai 5.000 outlet di seluruh Indonesia.

Mengenai cara kerjanya, setiap kartu prabayar berisi bernilai sesui dengan golongan kendaraan. Setiap memasuki satu gardu, kartu pelanggan didekatkan ke sensor, secara otomatis asal kendaraan tertera. Begitu pula setelah pelanggan memasuki pintu keluar tol. "Semuanya langsung terkoneksi dengan Bank Mandiri termasuk nilai bayarnya," ia menambahkan.

Lebih lanjut ia mengatakan, bersamaan dengan pelaksanaan kartu elektronik tersebut pihak operator akan memperketat pengamanan di sekitar lokasi gardu dengan sistem pengamanan kamera CCTV.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Hal tersebut untuk mencegah pelanggaran adanya perbedaan golongan kendaraan dengan nilai bayarannya. "Kalaupun terjadi, pelanggaran tidak melibatkan uang tunai. Pelakunya juga segera dideteksi," katanya.

Teknologi elektronik yang nantinya akan dipakai dalam transaksi yang lebih luas seperti parkir, pembelian bahan bakar sampai pembayaran transportasi massal, disebutkan Adit akan berdiri sendiri-sendiri dan langsung terhubung dengan Bank Mandiri.

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024