240 Ribu Balita di Sulsel Kurang Gizi

VIVAnews-Sebanyak 240 ribu dari 800 ribu bayi lima tahun (balita) di Sulawesi Selatan diidentifikasi mengalami kurang gizi. Mereka tersebar di 23 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

"Ini data paling baru yang kami temukan sendiri maupun laporan dari masyarakat," kata Kepala Seksi Bina Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Astati, saat ditemui VIVAnews dikantornya, Selasa, 4 November 2008.

Meski relatif stabil dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan. Apalagi jika bayi-bayi tersebut tidak mendapat perhatian maksimal.

"Jika ratusan ribu Balita penderita kurang gizi tidak tertangani dengan baik, maka perkembangannya akan naik menjadi penderita gizi buruk," Tambah Astati.

Astati berharap, pemerintah lebih memperhatikan dan mengintensifkan Makanan Pendamping (MP) ASI bagi balita. "Yakni penambahan anggaran melalui APBD maupun APBN, seperti yang pernah dilakukan pada tahun 2003 lalu," jelasnya.

Adapun kendala yang dialami Dinas Kesehatan untuk memaksimalkan penanganan kasus gizi kurang adalah minimnya anggaran. Untuk menangani kasus kurang gizi membutuhkan anggaran minimal Rp 500 juta. Namun, yang dimasukkan di APBD hanya sekitar 100 juta setiap tahunnya.

"Dengan dana itu, apa yang kita bisa lakukan. Untuk membayar relawan maupun pendamping saja tidak cukup," terang dia dengan mimik serius.

Faktor lain adalah kurangnya pemahaman ibu melahirkan untuk merawat anak mereka. Utamanya bagi ibu-ibu di masyarakat serta ibu-ibu yang menikah diusia muda.

Secara nasional, Sulawesi Selatan berada di urutan 18 sebagai daerah tertinggi yang memiliki kasus gizi buruk. Tahun 2008 saja, 7 balita meninggal karena diidentifikasi gizi buruk. Hal itu terjadi karena kasus gizi kurang balita yang tidak tertangani dengan baik.

Laporan: Zeena/Makassar

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024