Oktober 2008

Cadangan Devisa Tergerus US$ 6 Miliar

VIVAnews - Posisi cadangan devisa Indonesia mengalami penurunan drastis selama Oktober 2008. Hingga akhir bulan sudah lebih US$ 6 miliar yang tergerus.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi A Sarwono di sela seminar di Bank Indonesia, Rabu 5 November 2008 mengatakan, posisi cadangan devisa hingga akhir Oktober sebesar US$ 51 miliar.

"Per kemarin US$ 51 miliar," kata Hartadi. Padahal pada 29 September 2008, posisi cadangan devisa masih sebesar US$ 57,1 miliar.

Sebelumnya kalangan pelaku pasar uang mengungkapkan sepanjang Oktober, bank sentral habis-habisan melakukan intervensi untuk mempertahankan nilai tukar rupiah agar tidak terpuruk lebih dalam lagi. Terutama saat rupiah mendekati posisi 12.000/US$ sepekan lalu.

Saat itu data cadangan devisa sudah tergerus hingga US$ 4,7 miliar. Bank Indonesia beralasan berkurangnya cadangan devisa ini bukan hanya untuk menggerojok pasar uang, tapi juga untuk kebutuhan pembayaran utang dan impor.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Ilustrasi buah-buahan.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tak melulu harus mengonsumsi pil vitamin c, kebutuhan akan vitamin C dapat dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin ini. Berikut adalah beberapa buah y

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024