Pemerintah Jabar Waspada Flu Burung

VIVAnews-Menyusul meninggalnya pasien suspect flu burung, Dadan Hardiansyah, 32 tahun, warga Jalan Inhoftank Bandung, Dinas Peternakan Jawa Barat menyatakan waspada flu burung di wilayahnya.

Kepala Dinas Peternakan Jabar Rachmat Setiadi menyatakan, telah mengintruksikan semua Kabupaten/Kota untuk meningkatkan pengawasan unggas, terutama di wilayah perlintasan yang dianggap rawan.

"Kami membagikan vaksin dan peralatan penangan flu burung ke seluruh daerah. Vaksin tahap pertama yang kami bagikan sebanyak 14 juta untuk memvaksin 29 juta ekor ayam buras milik warga," ujarnya.

Dalam waktu dekat ini tambah Rachmat, pihaknya pun akan segera melakukan diinfektan diseluruh wilayah yang dianggap rawan penyebaran virus flu burung, agar tidak menyebar dan menular terhap manusia.

"Meski kasus positif flu burung pada tahun 2008 ini hanya mencapai 246 kasus menurun dari tahun 2007 yang mencapai 334 kasusu AI posotif, namun pengawasan ditingkatkan kembali menyusul meninggalnya salah seorang pasien susfect flu burung kemarin," terangnya.

Selain itu, memasuki musim penghujan ini tambah Rochmat, tren perkembangan virus flu burung semakin meningkat. Karena kondisi hewan saat musim hujan biasanya menurun dan mudah terserang penyakit.

"Saya minta warga dan peternak untuk lebih meningkatkan kebersihan kandang dengan menyemprotkan cairan disinfektan," tandasnya.

Sementara, disinggung terkait pasien susfect yang meninggal dunia kemarin, Rachmat mengaku belum mengatahui secara pasti penyebanya.

"Kami masih menunggu hasil laboratorium dari balitbangkes. Apakah terlular dari unggas atau bukan. Kami juga masih menyelidiki asal ayam ditempat pemotongan almarhum selain melakukan disinfektan ditempat tersebut," pungkasnya.

Laporan: Sigit Zulmunir/Bandung.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024