Transisi Presiden Baru AS

Robert Rubin Tolak Jadi Menterinya Obama

VIVAnews - Mantan menteri keuangan Amerika Serikat (AS), Robert Rubin, menolak tawaran presiden terpilih, Barack Obama, untuk kembali masuk dalam kabinet. Rubin memilih membantu Obama melakukan proyek-proyek khusus di masa datang ketimbang kembali menjabat menteri keuangan.

"Obama merupakan tokoh yang hebat," kata Rubin dalam suatu wawancara di New York, Kamis siang 6 November 2008 (Jumat dini hari WIB). "Namun saya telah berbicara kepada beliau dan mengatakan bahwa saya tidak tertarik kembali ke pemerintahan," lanjut Rubin dalam wawacara yang dimuat oleh Bloomberg.
 
Penolakan Rubin membuat peluang sejumlah tokoh yang dinominasikan sebagai menteri keuangan baru menjadi lebih besar. Diantara para kandidat yaitu Lawrence Summers, yang juga mantan menteri keuangan, dan Timothy Geithner, yang kini menjabat sebagai Kepala Bank Sentral di New York. 

Rubin menilai bahwa siapapun yang bakal menjadi menteri keuangan yang baru akan mendapat tantangan yang sangat berat karena AS kini mengalami krisis keuangan yang dahsyat dan berdampak bagi perekonomian global. "Menteri yang baru harus menjadi seorang manajer di tengah krisis sekaligus perencana kebijakan untuk masa depan. Dia harus menjalani dua peran di saat yang sama," kata Rubin, yang menjadi penasihat ekonomi Obama semasa kampanye pemilihan umum. 

Ekonom berusia 70 tahun tersebut pernah menjadi menteri keuangan periode 1995-1999 masa pemerintahan Bill Clinton. Sejak pensiun sebagai menteri, Rubin bergabung dengan Citigroup Inc., dan kini menjabat sebagai penasihat senior.  

Menurut sebagian kalangan, masuknya Rubin maupun Summers dalam kandidat menteri keuangan yang baru terkait dengan suksesnya pemerintahan Clinton meningkatkan ekonomi AS pada dekade 1990-an. Neraca perdagangan AS kala itu mengalami surplus, berbeda dengan kondisi saat ini di bawah pemerintahan George W. Bush.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi
Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024