Kadin: UKM Bisa Topang Krisis

VIVAnews – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan, pemerintah perlu mendorong sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Pasalnya, sektor ini pernah menjadi penopang dalam krisis 1997 lalu.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Rahmat Gobel mengatakan, jika pemerintah mendorong industri kreatif bisa memperoleh keuntungan ganda. Selain menggerakkan sektor riil, pemerintah juga mempopulerkan industri ini. “Saya kira keputusan pemerintah untuk mendorong sektor UKM sudah tepat,” kata Rahmat di Jakarta, Kamis 13 November 2008.

Industri makanan dan minuman juga perlu mendapat perhatian pemerintah. Pemerintah bisa menggerakkan sektor ini melalui isu ketahanan pangan. Setor ini juga akan menggerakkan petani. “Industri jamu atau herbal juga bisa mengangkat isu warisan budaya,” katanya.

Tak kalah pentingnya, industri mebel dan kerajinan juga perlu diperhatikan. Pemerintah bisa melindungi dan memberi jaminan kepada industri ini. “Untuk kebangkitan 2009, tidak cukup dengan bantuan itu. Daya saing dan produktivitas harus dijaga,” tuturnya.

SBY Yakin Duet Renan Buiatti-Reza Beik Jadi Pertahanan Tangguh Jakarta LavAni
Ilustrasi nge-Gym

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Berolahraga adalah kegiatan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Namun, seringkali kita menghadapi masalah bau tidak sedap setelah sesi latihan yang intens.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024